Penjaga Rakit Penangkap Ikan di Manado Ditemukan Tewas Membusuk


Seorang penjaga rakit penangkap ikan, Herson Londo (45), ditemukan tewas di perairan Manado Tua. Korban ditemukan dengan kondisi membengkak dan mengeluarkan bau busuk di atas rakit Geovani milik Zakarias Takakude.

Menurut informasi yang diperoleh detikcom, korban pertama kali ditemukan Pak Otong, sesama penjaga rakit, pada Selasa (15/5/2012). Saksi saat itu merasa curiga rakit korban sudah terlihat tak berlampu di malam hari. Padahal, setiap pukul 18.30 WITA, korban tidak pernah ketinggalan menyalakan lampu.

"Kata saksi, dari kejauhan terlihat korban tertelungkup di atas rakitnya. Karena curiga, dia menghubungi pemilik rakit. Pemiliknya yang melaporkan ke Satpolair Manado," ujar Kapolsek Tuminting AKP John F Torondek kepada detikcom, Sabtu (19/5/2012) malam.

Mendengar laporan itu, tim SAR Satpolair yang beranggotakan lima polisi dan identifikasi langsung meluncur dengan kapal patroli polisi bernomor lambung 207, ke lokasi yang berjarak sekitar dua jam perjalanan dengan speedboat.

"Tiba di lokasi, korban memang sudah meninggal. Setelah diidentifikasi, korban dievakuasi ke markas Satpolair di Tuminting," kata Torondek.

Korban tercatat sebagai warga desa Rap-Rap Jaga I, kecamatan Tatapaan, Kabupaten Minahasa Selatan. Istri korban Elizabeth Elaha (42) yang mendengar suaminya telah meninggal, hanya meminta korban dibawa pulang untuk dimakamkan. Elizabeth menolak dilakukan otopsi, karena menganggap suami meninggal karena sakit jantung yang dideritanya.

"Istrinya memang datang dan membuat pernyataan penolakan otopsi. Jasad langsung dibawa pulang ke kampungnya,” pungkas Kapolsek.

Perairan Manado Tua memang menjadi spot terbaik untuk menambatkan rakit karena ikannya yang melimpah. Penjaga rakit biasanya akan menghabiskan waktu berhari-hari dan bahkan berminggu-minggu di tengah lautan lepas, menunggu ikan-ikan masuk terperangkap ke dalam rakit.

Mereka biasanya sudah dilengkapi dengan persediaan makanan, pakaian, lampu penerangan, handy talkie (HT), serta alat lainnya. Biasanya mereka akan kembali ke darat setelah rakit telah mendapatkan hasil.

1 Response to "Penjaga Rakit Penangkap Ikan di Manado Ditemukan Tewas Membusuk"